Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang Banda Aceh Raih Sertifikasi Internasional

16 April 2022

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) berhasil meraih dua sertifikasi internasional yang terdiri dari dari  sertifikat ISO 9001:2015 tentang quality management system dan ISO 21001:2018 tentang Educational Organization Management Systems. Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh, Banta Karollah SE MSM kepada Serambi Selasa (13/04/2022) mengatakan kepastian tentang kerbehasilan itu setelah mendapatkan kedua sertifikat itu  melalui surat elektronik dari PT Decra Group Indonesia.

“Alhamdulillah kita sudah terima dua sertifikat ISO dari PT Decra Group Indonesia. Kita berharap sertifikasi ISO ini dapat meningkatkan pelayanan, mutu dan manajemen organisasi dan pembelajaran di STIES,”papar Banta.

Banta menjelaskan proses mendapatkan sertifikasi ini melewati beberapa tahap, antara lain audit internal dan audit eksternal. Setelah menjalani kegiatan audit eksternal pada Maret lalu, pihak auditor ISO telah memberikan rekomendasi kelayakan bagi STIES untuk dapat sertifikasi. “Bulan lalu, saat closing meeting, auditor dari Decra menginformasikan bahwa STIES layak direkomendasikan untuk mendapatkan dua sertifikat ISO sekaligus,”papar Banta didampingi Management Representative (MR) STIES untuk program sertifikasi ISO, Ferdi Nazirun Sijabat.

Dia juga menambahkan upaya mendapatkan seritifkat ISO merupakan aspirasi pihak Yayasan dan Manajemen STIES untuk meningkatkan mutu, baik di level sekolah tinggi, maupun di program studi  Manajemen dan Akuntansi. Di samping itu, pihaknya juga melihat adanya tuntutan pemerintah kepada perguruan tinggi untuk bisa mendapatkan akreditasi internasional.  Kedua Sertifikat ISO itu merupakan Langkah awal bagi STIES, tidak tertutup kemungkinan di masa depan, STIES juga akan berupaya mendapatkan akreditasi internasional lainnya seperti AUN-QA, ABES, QS Star  hingga AACSB. Saat ini papar Banta lagi, STIES juga sedang melakukan proses akreditasi ulang peringkat akreditasi perguruan tinggi (APT).

Diharapkan perolehan sertifikat ISO ini menjadi pelengkap salah satu item yang diminta alam akreditasi institusi. Ditargetkan, pada tahun 2022 ini STIES bisa meraih peringkat akreditasi terbaik untuk level institusi (AIPT). Pada kesempatan yang, Ketua Pembina Yayasan Sabang Merauke (Yasame) Abdul Halim SE menyampaikan apresiasi kepada pihak manajemen STIES yang berperan penting dalam memberikan kontribusi, membangun kebersamaan dan dukungan penuh untuk meraih ISO. Halim juga memberikan apresiasi kepada seluruh dosen dan staf yang terlibat menyiapkan seluruh dokumen dan kegiatan lainnya selama proses audit eksternal berlangsung. Dia berharap ke depan mutu pendidikan di STIES makin meningkat dan bisa terangkat reputasinya, sehingga mendapat tempat di tengah-tengah masyarakat Aceh dan Indonesia pada umumnya.

SUMBER: LLDIKTI WILAYAH XIII ACEH