LLDikti XIII Paparkan Hasil Operasionalisasi Riset PTS di Aceh

23 Desember 2020

Lembaga Layanan Pendidikan Dikti (LLDikti) Wilayah XIII Aceh memaparkan hasil riset gap analysis di lingkungan PTS di Provinsi Aceh. Hasil penelitian ini dibagi dalam tiga kategori: universitas, sekolah tinggi dan akademi. Untuk kategori Sekolah Tinggi, Sekretaris LLDikti Wilayah XIII Aceh, Dr Muhammad Ilham Maulana ST MT menyampaikan gap tertnggi ada pada aspek penelitian dan pengabdian masyarakat serta aspek sumber daya manusia. 

Tingginya gap di tiga aspek ini menunjukkan bahwa baik dari sisi pengelolaan dan luaran penelitian misalnya masih rendah. Demikian halnya denga kegiatan pengabdian masyarakat. terkai dengan sumber daya manusia, permasalahan yang dihadapi PTS di tingkat sekolah tinggi disebabkan oleh masih minimnya jumlah dosen yang bergear S-3 dan banyak yang belum mengurus jabatan fungsional.

Pemaparan itu disampaikan Sekretaris LLDikti Wilayah XIII Aceh pada Sabtu, 19 Desember 2020 yang diikuti seluruh jajaran PTS di Provinsi Aceh. Dia juga menambahkan dari data yang dimiliki LLDikti Wialyah Aceh saat ada sekitar 16 PTS yang terancam tutup karena secara operasional sudah tidak lagi memenuhi ketentuan standar nasional pendidikan tinggi. Kegiatan pemaparan hasil analisis kesenjangan di lingkungan PTS Aceh digelar secara daring. Diharapkan hasil analisis ini dapat menjadi masukan bagi masing-masing perguruan tinggi untuk dapat meningkatkan kinerja dan capaiannya pada aspek yang masih memeiliki tingkat kesenjangan yang tinggi.