LLDikti Wilayah XIII Aceh Gali Informasi Tridarma dari STIES

26 September 2020

Tim LLDikti Wilayah XIII Aceh mengadakan kunjungan ke Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh, Selasa (22/09/20) dalam rangka kegiatan Pengumpulan Data Operasional Riset Pelaksanaan Program Kerja Anggaran terhadap Mutu Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDikti Wilayah XIII Aceh.

Ketua Tim Syafii SAG mengatakan bahwa program tersebut sebenarnya sudah lama diprogramkan. Namun baru pada tahun ini dapat direalisasikan. Kegiatan pengumpulan data dikoordinir oleh Ketua Tim Expert Prof Dr Jamaluddin Idris Med mantan Kepala LLDikti Wilayah XIII Aceh.

“Tujuan kami adalah untuk mendata informasi mengenai pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian, sarana dan keuangan serta kemahasiswaan. Hanya untuk memotret keadaan STIES seperti apa adanya. Kami sudah siapkan instrumennya,”kata Syafii didampingi tim Expert Dr Syaiful Akmal MA dan sejumlah staf LLDikti WIlayah XIII Aceh.

Disamping itu tujuan lain dari riset ini juga untuk mendapatkan informasi yang sesungguhnya terkait kebutuhan masing-masing PTS dalam rangka pengembangan mutu yang berkelanjutan, menentukan Need of Assessment PTS dalam penyusuna anggaran LLDikti Wilayah XIII Aceh tahun 2020-2024 guna memajukan PTS, dan Memfasilitasi PTS terhadap Akreditasi, baik AIPT maupun APS.

Ketua Pembina Yayasan Sabang Merauke Abdul Halim SE menyambut baik inisiatif LLDikti Wilayah XIII. Pihaknya kata Halim sangat mendukung kegiatan tersebut dan meminta Ketua STIES dan jajarannya mempersiapkan semua informasi dan dokumen yang dibutuhkan oleh tim dari LLDikti Wilayah XIII. Dia berharap input yang didapat dari STIES ini nantinya bida dimanfaatkan untuk pengembangan kampus tersebut di masa depan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua STIES Banda Aceh Rusman SE MSi menyatakan pihaknya menaruh harapan besar agar kiranya LLDIkti Wilayah XIII Aceh dapat memfasilitasi berbagai kegiatan yang terkait dengan kemajuan PTS dalam hal ini STIES Banda Aceh. Dikatakannya, sejauh ini STIES sudah melakukan berbagai inisiatif untuk memajukan kampus. Salah satunya dengan membangun jaringan kerja sama ke beberapa universitas dalam dan luar negeri.  Dikatakan Rusman, pihaknya juga terus mengupayakan peningkatan sumber daya manusia dosen dengan memfasilitasi studi doktoral bagi dosen STIES. Saat ini sudah ada 11 orang yang sedang menempuh pendidikan doktor.

Rusman juga menambahkan pihaknya juga sedang menyiapkan berbagai perangkat kebijakan dan operasional dalam rangka implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Kegiatan LLDikti itu  diikuti jajaran pimpinan STIES, para dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

 

Penulis : Teuku Hafidh/Ferdi

Foto: Bastera