Dosen STIES Ikut FGD Online di University of Surrey Inggris

12 November 2020

Dosen Program Studi Manajemen STIES Ferdi Nazirun Sijabat diundang mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) online yang digelar oleh School of Tourism and Hospitality Management University of Surrey, Inggris. Kegiatan FGD bertemakan "Blockchain-Based Sharing Economy" digagas oleh salah seorang peneliti asal Indonesia Ikram Nur Muhammad akan digelar 14 November 2020. 

Kepada Warta STIES, Ferdi yang juga Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STIES  menyatakan bahwa dirinya tertarik mengikuti FGD tersebut karena topiknya sangat kekinian. "Penggunaan Block-Chain memang sedang tren sekarang ini. Yang kita tahu selama ini adalah trading Bitcoin dan sejenisnya dengan menggunakan platform Block-Chain. Tetapi, ada hal-hal lain yang sebenarnya bisa dialihkan kegiatannya melalui Block-Chain, salah satunya apa yang digagak Pak Ikram ini penggunaan Block-Chain untuk kegiatan sharing ekonomi,"paparanya.

Menurutnya riset tentang Block-Chain ini tidak terlepas dari pesatnya kemajuan teknologi. Bahkan penelitian tentang pariwisata dan perhotelan akhir-akhir ini sudah masuk ke ranah teknologi pintar, yang kemudian memunculkan konsep Pariwisata Pintar (Smart Tourism) dan tren penggunaan robot dalam kegiatan operasional perhotelan. "Tema-tema riset kekinian di bidang pariwisata dan perhotelan ini semakin mengemuka di Eropa. Karenanya kita juga perlu memperbarui gagasan-gagasan riset kita,"papar Ferdi.

Selain mengikuti kegiatan FGD online, Ferdi juga saat ini sedang mengikuti Post-Crisis Hospitality Mangement Certificate yang diadakan oleh Muma College of Business, University of South Florida, Amerika Serikat.