Bimbingan dan Orientasi Mahasiswa Baru STIES Tahun Ajaran 2022-2023

20 September 2022

Sebanyak 200 mahasiswa baru angkatan 2022 mengikuti kegiatan orientasi yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIES. Kegiatan yang diberi nama  BImbingan dan Orientasi Mahasiswa Baru STIES  (BOMBASTIES) diigelar selama dua hari, dari 7-8 September 2022 di aula kampus STIES, Gampong Pineung, Banda Aceh.

Ketua BEM Arif Fadillah mengatakan kegiatan ini diisi dengan serangkaian aktivitas yang diikuti oleh mahasiswa baru. Diantaranya, pengenalan dosen, pengenalan atmosfir kampus, proses akademik dan kurikulum, serta kegiatan kemahasiswaan. Ditambahkannya, pada hari kedua, pihaknya akan mengadakan pengenalan sesama mahasiswa, game dan kegiatan penelusuran bakat dan minat mahasiswa baru STIES. Arif berharap kegiatan ini mampu memberikan pemahaman tentang kampus sekaligus menjalin keakraban antara mahasiswa baru dengan kampus. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua STIES Banda Aceh Banta Karollah SE MSM meminta mahasiswa baru untuk menjadikan momen Bombasties untuk sebagai sarana mendapatkan pengetahuan yang jelas tentang seluk beluk kegiatan akademik kampus, serta kegiatan kemahasiswaan yang digelar oleh BEM. Dikatakannya, pelaksanaan Bombasties ini harus menghindari aktivitas kekerasan. Karena momennya adalah orientasi dan pembimbingan mahasiswa baru. Tujuan yang diinginkan adalah supaya mahasiswa baru lebih familiar dengan atmosfir kampus STIES.

Sementara itu, Ketua Yayasan Sabang Merauke Abdul Halim SE mengimbau mahasiswa baru untuk mencari tahu segala hal tentang akademik dan non-akademik. Sebagai mahasiswa, mereka diminta meinggalkan kebiasaan di SMA dulu. Karena di perguruan tinggi mahasiswa dituntut punya inisiatif, tidak menunggu. Semua urusan harus diselesaikan sendiri. Karena tanpa ada inisiatif maka mahasiswa akan menghadapi banyak masalah. Di samping itu, itu juga meminta mahasiswa untuk mengembangan minat bakat dan kreativitasnya selama belajar di kampus STIES.